Friday, November 16, 2012

Posted by Farhan Hamzah On 11/16/2012 09:39:00 AM
Dari kemaren guling-guling akhirnya ketemu juga cara untuk main ps2 dari flashdisk. intinya sih ga pake kaset cd tapi dalam proses instalasasi nanti bakal dibutuhin juga tuh deh…
kamu butuh flashdisk minimal 4GB(game ps2 gede sob) ni gambar flashdisk yang saya pake..

PS2 yang saya gunakan yang tipe slim scph-79006, USB merk kingston 4GB, sudah di tes dengan game winning eleven 10, NFS most wanted. hasilnya lancar, loading game mungkin lebih lambat sepersekian detik.
untungnya banyak loh main ps2 dari flashdisk atau HDD.. selain optik nya bisa awet*ya iyalah* lagian optik ps2 harganya juga muahal sih. oke deh lanjut…

langsung aja ni bahan dan bumbunya:)
copy semua file *.elf ke flashdisk kamu. oiya.. flashdisk harus format fat32 soalnya format ntfs ga bisa kebaca, cara memformatnya gampang kok tinggal colok flashdisk kamu ke pc lalu klik kanan pada drive flashdisk kamu lalu pilih format fat32 n start. DONE…
cara mengolah bahan dan bumbunya gini pren :
burn ulaunch.iso ke cd yang biasa aja. inget yang di burn cukup ulaunch.iso aja, lalu ga bisa pake cd yang model bisa di hapus lagi isinya(cd RW maksudnya) burn pake software misal Nero dengan cara klik kanan pada ulaunch lalu open with klik nero dan siap burn. ni gambar keping CD yang saya pake.
dah di burn? okok langsung aja jalankan kaset tadi ke ps2 kamu. cara ini untuk masuk ke dalam ulaunchelf explorer, mungkin agak susah nanti optik ps2 kamu untuk membaca cd hasil burn tadi tapi coba terus saja sampai bisa yaa. saya aja sampe burn 2 cd untuk ulaunch nya*dah stress soalnya*
ni gambar kalo sudah masuk ke ulaunch
colok memory card kamu ke port 0 >> maksudnya memory card diplayer 1 itu lho. lalu flashdisk colok juga di port usb nya.
masuk ke mass:/ copy paste BOOT.psu ke mc0:/ gini caranya tekan R1 pada file BOOT.psu lalu pilih copy dan tekan segitiga untuk kembali ke menu awal, kemudian masuk ke mc0:/ tekan R1 dan kemudian pilih PsuPASTE!!! tunggu proses sampe selesai. kemudian masuk mass:/ dan copy paste semua file *.ELF ke mc0:/BOOT/… PASTE selesai.
eh belom selesai ding*haha* sekarang masuk ke folder mass:/FreeMcBoot lalu klik(tekan lingkaran) pada file FREE MCBOOT.ELF. kamu akan di bawa ke mcboot instaler, kemudian lakukan normal instal atau multi version instal*juga bisa* sampai proses finish kemudian matikan ps2 kamu lalu copot kaset CD nya dan hidupkan kembali ps2 kamu, memory card tetap di colok yee..*sory no pict dibagian ini cz saya foto tv malah burem mulu gambarnya*
Next… sampai disini masih bisa mengikuti kan?? Baguss!! selanjutnya setelah ps2 di hidupkan akan tampil booting free McBoot nya
pilih Free McBoot Configurator lalu tekan X jika ada kotak keterangan kecil. kemudian pilih Configure OSDSYS options… lalu pilih configure item 1 : ulaunchelf tekan X lalu
item 1 settings
name: uLaunchELF >> ganti nama terserah kamu
path1: mass:/BOOT/BOOT.ELF >> MC0:/BOOT/BOOT.ELF
path2: MC?:/BOOT/BOOT.ELF>> hapus/clear
path3: MC?:/B?DATA-SYSTEM/BOOT.ELF >> hapus/clear
itu di atas maksudnya tanda “ >> ” adalah di ganti seperti baris kanan ya, jadi baris kiri diganti menjadi seperti baris yang kanan. jangan lupa perhatikan pada bagian bawah layar TV kamu(tulisan warna merah).. disitu ada keterangan key stik ps2 kamu misal tombol X : untuk browse, tombol O : untuk clear. dll
kalo sudah selesai tekan segitiga satu kali kemudian masih sorot di configure item 1 lalu tekan tombol kanan pada bagian configure item 2 : ESR lalu tekan X atau Ok.
Item 2 settings
Name: ESR >> ganti nama OpenPS2Loader
path1: MASS:/BOOT/ESR.ELF >> MC0:/BOOT/OPNPS2LD.ELF
path2: MC?:/BOOT/ESR.ELF >> hapus/clear
path3: MC?:/B?DATA-SYSTEM/ESR.ELF >> hapus/clear
jika sudah selesai di ubah kemudian selesai deh.. kamu tekan segitiga sampai ke menu awal pada free mcBOOT configurator kemudian pilih save CNF to MC0. DONE…. reset ps2 kamu
nah sampai disini kamu harusnya sudah paham deh ya. kalo ada kekurangan jadi kamu bisa tambahin sendiri nanti.
okay kita lanjutkan… setelah ps2 kamu restart lalu masuk ke OpenPS2Loader *memory card tetap terpasang*. setelah loading nanti akan muncul halaman dari OPL nya*warna biru background nya* pilih settings lalu ganti baris ini..
USB device start mode off ubah menjadi auto
HDD device start mode off ubah menjadi auto
kemudian selesai/ok dan pilih save changes.
cara ini sebenarnya bisa untuk main game dari HDD dan flashdisk tapi saya belum mencoba yang HDD, baru nyoba pake flashdisk aja.
Next… sekarang tinggal cari game yang mau di taruh ke flashdisk aja. alat tempurnya silahkan di download dulu :
DVD decrypter untuk membuat file *.iso
langkah pertama masukan disc game ps2 ke DVD-R atau DVD-RW diPC kamu kemudian buka DVD decrypter
secara otomatis dvd decrypt akan menarget ke dvd-r kamu
pada bagian mode > iso > centang Read R. setelah itu pilih menu file > decrypt lalu tunggu hingga proses selesai. jika proses sudah selesai copy file *.iso hasil dari dvd decrypter ke dalam flashdisk atau HDD kamu tapi sebelumnya bikin dulu folder dengan nama DVD dan CD di flashdisk atau HDD kamu.. nah file *.iso tadi di paste di dalam folder DVD pada flashhdisk/HDD kamu. setelah proses copy paste nya selesai lalu copy program yang kamu download tadi iso2OPLSCAN copy ke flashdisk lalu double klik program tersebut… dan beres deh, tinggal colok aja flashdisk ke ps2 kamu dan hidupkan ps2 lalu masuk ke openPS2loader dan tinggal pilih list game yang mau di mainkan.
– update –
UlaunchIso 386KB
extract sehingga kamu mendapat file ULE_CD.ISO lalu burn ke cd.
 _____________________________
SUMBER : http://daunpisan.wordpress.com/2011/08/27/cara-main-game-ps2-dari-flashdisk/
_____________________________
CARA DENGAN SUMBER LAIN

Memainkan Game PS2 Melalui Slot USB di PS2 (Harddisk External,Flashdisk dan MicroSD)

Setelah melakukan uji coba beberapa bulan akhirnya didapat hasil yang maksimal…….
Dari data2 yang saya dapat dari googling ternyata banyak hal yang mengalami kekecualian
bahkan sampe ada yang ga bener.Yah.. Maklum mungkin itu hanya sekedar hasil copas yang
hanya mempunyai tujuan bisnis semata dan ga mendidik sama sekali.. abis Cuma iklan yang
digede gedein.
Langsung z bro,,
Hasil berikut benar2 berdasarkan uji coba yang saya lakukan pada :
1. PS2 Seri SCPH 30000 dan SCPH 30001.Menggunakan memory keluaran china (bukan yg
official Sony) abis ni memory paling mudah dicari namun perlu diingat “memory yang bs untuk
membooting”.


2.Menggunakan harddisk merek Seagate 80 GB (SATA)


3.HD Combo sebagai converter USB to SATA.Bisa juga Menggunakan Kabel USB to
SATA/IDE


4. Card Reader FNK TECH USB Card Reader
5. MicroSD 4 GB merek V-Gen

Sebenernya peralatan diatas tidak mutlak Semuanya harus dimiliki .Disesuaikan dengan
keperluan masing2.Coz yang saya bahas adalah memainkan game PS2 lewat USB portnya jadi
nantinya kalau pake flashdisk,Card Reader ataupun harddisk external tingal colok saja.Praktis
kan? Hal ini sangat berguna terutama PS2 yang optiknya udah lemah ataupun ingin supaya
loading lebih cepat dan membuat umur optiknya lebih lama (coz jarang dipake).
OK.. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat USB-HDD (harddisk eksternal),Flashdisk dan
Card Reader bisa dibaca oleh OPL 0.8 VMC (Open PS2 Loader Versi 0.8 Virtual Memory
Card).Ternyata eh ternyata neh PS2 Loader oke bgt.Knp??? Yah Open PS2 Loader memang
kelanjutan dari HDLoader yang dalam tahap sekarang udah mampu memutarkan game PS3.
Mungkin USB-HDD (harddisk eksternal),Flashdisk dan Card Reader kamu bisa terbaca di PS2
untuk SMS dan uLaunchELF.Tapi belum tentu itu berlaku di OPL.
Berikut langkah2 supaya bisa terbaca dan bisa memainkan game dengan lancar :
Formatlah dengan format FAT di PC/Laptop
Masukan ke USB PS2,
Jalankan aplikasi USB Advance di PS2
Masuk ke menu format di USB Advance dan biarkan prosesnya sampai selesai

Kayaknya kamu bingung qo diformat dengan format FAT ?? Yah.. Ini memang secara defaultnya
windows ga bisa memformat drive diatas 1 GB dg format FAT atau FAT 16.Untuk itu perlu tool
formatter tambahan.
Sebenernya dengan FAT pun gamenya udah bisa dibaca tapi pada saat dimainkan…Kdg dari
awal,di bgn tertentu,ataupun diakhir game menjadi crash,hang,bahkan ga bisa startup /
booting.Maka dari itu diformat kembali dengan USB Advance dan ini mempunyai kualitas
terbaik dan mampu memformat drive mulai dari beberapa MB hingga 2 TB (2000 GB).Wow
dahsyat… Hasil formatnya adalah FAT32
Banyak yang menyarankan diformat menggunakan USBExtreme.Tapi ternyata untuk beberapa
drive hal ini TIDAK BISA DILAKUKAN.Coz hanya drive diatas 8 GB yang bisa dibaca olehnya.Udah
gitu,ada drive tertentu yang bisa diformat tapi ga dikenali oleh OPL.Shg OPL malah hang..
Untuk bisa memainkan OPL di PS2 ada beberapa cara :
a) Melalui uLe dan pilih file OPLnya untuk nge-Launch (mengeksekusi/menjalankan)
b) Melalui CD/DVD
c) Melalui DEV1 pada Matrix (memakai MC di Slot1/MC0)
d) Melalui Free MCBoot

Gambar OSDSYS PS2 yang udah berhasil dijalankan


Dari cara diatas sebenernya yang paling mudah adalah yang a). Tapi sayang kurang
praktis.Kalau yang b) prosesnya hampir sama dengan HDLoader CD/DVD dan ini saya rasa
kurang baik coz qt masih memaki optik.Kalau yang c) ini sudah cukup baik.Dan berdasar uji coba
yang terbaik adalah yang d) cz biayanya murah dan hasilnya bisa dikatakan paling bagus.
Bisa juga menggunakan Matrix + Free MCBoot yang sebelumnya udah terinstal pada MC dan
disetting supaya dipasang di mc1 atau MC Slot2


Menjalankan OPL (Open PS2 Loader) 0.8 VMC
Hal yang paling penting dalam menjalankan OPL adalah melakukan pengaturan.Coz kl settingan
atau file konfigurasi belum dibikin maka OPL akan masuk ke halaman seperti berikut ini….



Penjelasannya begini :


1. Pengaturan
Ini sangat penting coz menentukan bagaimana OPL ini akan bekerja sesuai keiinginan
kita.Kalau tidak diatur maka akan selalu masuk ke menu pengaturan terus (hal ini yang
pernah membuat aku pusing 1000 keliling karena yang tampil bukan seperti yang saya
harapkan)
Coba kamu perhatikan gambar di bawah ini..

Yang perlu diperhatikan adalah:
Matikan debug warna.
Bila ini tidak dimatikan (tidak aktif) pada saat startup game akan nampak pada layar
warna2 debug.Dan yang biasa main pada HD Loader hal ini terasa kurang
nyaman.Sebaiknya matikan saja (diaktifkan)
Memungkinkan operasi hapus dan ubah nama.
Bila ia aktif maka pada OPL akan menampakkan menu hapus dan ubah nama.Hal ini
cocok diaktifkan bila untuk keperluan sendiri.Tapi jika digunakan untuk rental
sebaiknya “tidak aktif”.Untuk menghindari kesalahan orang yang berakibat
fatal.Ataupun menghindarkan dari tangan jahil.
Pola memulai perangkat USB
Bila tidak aktif maka perangkat USB (Harddisk Eksternal,Flashdisk,Card
Reader,dll).Tidak akan terbaca.Jika “Otomatis” maka akan langsung terbaca pada
saat OPL dimulai
Pola memulai perangkat HDD
Disini bisa tidak diaktifkan jika emang tidak ada harddisk internal.Ataupun supaya
cepat mengakses game yang ada di USB Device.Tapi jika kamu punya Harddisk
internal yang terpasang kamu bisa meng-Otomatis-kan shg game harddisk internal
dan USB bisa langsung terbaca hanya dengan menekan tombol arah
Pola memulai perangkat ETH
Ini diperlukan jika kamu punya game jaringan yang terpasang di HDD komputer dan
dipasang dengan kabel jaringan.Tapi jika tidak ada ditidak aktifkan saja.
Pola memulai Aplikasi
Bila “Otomatis” maka di OPL akan tampil menu aplikasi dengan cara menekan
tombol arah.Karena di sini tidak ada aplikasinya.Maka sebaiknya “tidak aktif”
Menu Pertama
Ini adalah menu pertama yang akan nampak pada saat OPL dijalankan.Kamu bisa
memilih Daftar game USB, Daftar game HDD,Daftar game ETH,dan Daftar
Aplikasi.Kamu bisa memilih mana yang kamu suka.Karena di sini yang mau
dijalankan game USB saya pilih “Daftar game USB”
Untuk yang lain biarkan seperti aslinya (default)
Terakhir Pilih OK.
Kemudian tekan O pada stik (bisa stik1/stik2) lalu Tekan start pada stik maka akan
masuk ke pengaturan pilih “simpan perubahan”.
2. Pengaturan Tampilan

Gambar diatas merupakan bagian penting yang perlu diatur.Dengan penjelasan sebagai
berikut :
Tema
Merupakan tampilan yang akan benar2 costumize.Hal ini berlaku apabila kamu
punya thema OPL 0.8 yang ditempatkan di folder THM di USB Drive (Harddisk
External,Flashdisk,Card Reader)
Perputaran
Ini merupkan kecepatan dalam memilh menu di Daftar game atau aplikasi.Saya pilih
“Cepat”
Penyortiran Otomatis
Kalau aktif maka akan menampilkan game dengan urutan alfabetis.Kalau tidak aktif
akan menampilkan game sesuai waktu pembuatan.Saya pilih “aktif” coz lebih
memudahkan dalam pencarian game.
Untuk yang lain biarkan seperti aslinya
Terakhir Pilih OK
Tekan O pada stik,lalu tekan start pada stik supaya masuk ke menu pengaturan.Pilih
simpan perubahan.Selesai.
Selamat sekarang kamu bisa memainkan game PS2 menggunakan OPL….!!!!! Dengan
tampilan seperti berikut..


OK,terima kasih kamu telah menyimak tutorial ini.Tutorial ini berdasarkan praktek dan
beberapa sumber di internet dan rekan2 yang menggeluti PS2.Pemilihan informasi yang
ada diinternet dengan cara mempraktekan dan mencocokan dengan realita yang ada.

 SUMBER : http://my.opera.com/denisiswan/blog/show.dml/36658372
Reaksi:

0 komentar: