Monday, February 18, 2013

Posted by Dead Skull On 2/18/2013 05:35:00 PM
Bosan dengan tema-tema standar yang ada pada Windows 7? Ingin costumize tema dengan background pilihan Anda sendiri atau dengan window color yang pas dengan keinginan? Caranya mudah kok. Pastikan Anda memakai Windows 7 seri Home Premiun, Professional, atau Ultimate. Karena untuk seri Starter dan Home Basic tidak menyediakan fitur personalisasi tema.
Nanti Anda juga bisa mendistribusikan tema hasil kreasi kepada teman-teman Anda. Format baru tema Windows 7 berbentuk .themepack ini yang membuat distribusi mudah, instalasinya juga mudah. Baiklah, mulai untuk membuat tema sederhana di Windows 7. Klik kanan desktop >  personalize atau Control Panel > Personalization.
Tampilan Personalization
Pilih salah satu tema yang ada di sana, lalu Anda klik Desktop Background untuk kostumisasi background tema. Browse wallpaper pilihan Anda, lalu beri tanda centang untuk wallpaper yang akan aktif nanti. Atur posisi gambar apakah posisi fill, center, stretch atau fit, lalu tentukan waktu pergantian background sec
ara otomatis. Kalau sudah, klik Save Changes.
Tampilan Select Background
Beralih ke Window Color, di sana Anda bisa menentukan warna dari window yang ada di tema Anda. Atur transparasi sesuai keinginan. Usahakan warna sesuai dengan background tema tadi. Kalau sudah, klik Save changes.
Tampilan Window Color
Setelah warna, sekarang menuju perihal sound. Pada sound window, pilih Sound scheme untuk tema Anda. Di sana sudah tersedia beberapa macam sound scheme. Klik Ok jika sudah menentukan pilihan.
Mengatur Sound Scheme
 Terakhir adalah mengatur screen saver. Pada pengaturan screen saver, pilih screen saver yang Anda inginkan, lalu tentukan jangka waktu untuk mengaktifkannya. Kalau sudah, klik OK.
Tampilan Screensaver Setting
Sampai sini, Anda telah memiliki tema yang masih berupa unsaved theme. Klik Save Theme untuk memberi nama tema sekaligus menyimpan tema hasil kreasi Anda. Nah, Tema buatan Anda sudah jadi, sekarang tinggal bagaimana cara untuk membuat file .themepack agar bisa dibagikan ke teman-teman Anda. Mudah saja, klik kanan pada tema yang tadi Anda buat lalu pilih Save Theme for Sharing.
Lalu bagaimana menginstall tema tadi ke komputer yang lain? Cukup double klik pada file .themepack tersebut akan secara otomatis akan terinstall.
Semoga bermanfaat….

0 komentar: