Friday, November 16, 2012

Posted by Dead Skull On 11/16/2012 09:51:00 AM

 

Semakin banyaknya media penyimpanan removable membuat penyebaran virus juga semakin cepat. Banyak sekali cara dan celah yang digunakan agar virus bisa dengan mudah masuk ke komputer. Walaupun kita sudah menggunakan antivirus terbaru dan terupdate tidak ada salahnya kita tetap menjaga dan melindungi komputer kita dari serangan virus yang tidak dikehendaki. Memang antivirus sudah bisa melindungi komputer kita, tetapi pada beberapa celah pasti bisa saja ada lubang yang bisa dimanfaatkan oleh virus untuk masuk. Disamping itu, perkembangan virus lebih cepat dibandingkan dengan antivurs. Ingat, update antivirus ada karena munculnya virus baru. Oleh karena iti, kali ini sobatpc.com akan mencoba sharing bagaimana melindungi dan menghindari virus agar tidak mudah menyebar di komputer kita.
Sebenarnya untuk pertahanan awal terhadap virus kita bisa melakukannya secara manual, tanpa menggunakan antivirus. Yaitu :
1. Mematikan Fasilitas Autorun

Sekedar ulasan, fasilitas ini adalah ketika kita memasukkan media (flashdisk, CD/DVD, etc) ke dalam komputer, maka windows akan langsung meload dan mengeluarkan jendela autorun. Fasilitas ini sering digunakan virus untuk menyebarkan dirinya secara otomatis, khususnya melalui flashdisk, jadi jangan heran sekarang ini flashdisk merupakan penyebar utama virus.
Dengan mematikan fasilitas autorun ini, virus-virus yang kebanyakan memanfaatkan fasilitas baru di Windows XP ini akan kesulitan menjalankan dirinya, kecuali kalau dieksekusi secara manual.
Kita bisa mematikan fasilitas ini, caranya adalah :
START > RUN > ketikkan gpedit.msc lalu OK
Maka muncul jendela Group Policy
Pada jendela ini pertama kita tuju ke :
Local Computer Policy>Computer Configuration>Administrative Templates>System
Kemudian pada kotak sebelah kanan cari item bernama Turn off Autoplay, klik double pada item tersebut, lalu muncul kotak dialog. Ganti settingan pada kotak dialog tersebut yang semula tanda mark pada NOT CONFIGURED menjadi ENABLED, kemudian pada kotak “Turn off Autoplay on” pilih “All drives” dan selanjutnya OK.
Lakukan hal yang sama pada lokasi berikut ini :
Local Computer Policy>User Configuration>Administrative Templates>System
2. Menggunakan Software XP-AntiSpy
Untuk langkah kedua ini kita membutuhkan software bantuan, yaitu XP-AntiSpy
Software XP-Antispy, adalah software kecil yang berfungsi untuk mendisable beberapa settingan windows yang tidak diperlukan, sesuai yang kita inginkan. Di sini kita disajikan banyak settingan untuk kita tentukan. Namun lebih amannya gunakanlah opsi Suggested, atau settingan yang disarankan. Dengan software ini maka kita bisa mendisable beberapa settingan yang kemungkinan bisa digunakan virus atau mallware menyebarkan dirinya dikomputer.
Salah satunya adalah mendisable settingan “Hide Extensions for known file types”, dengan mendisable settingan ini kita bisa melihat semua extensi dari sebuah file. Banyak dari virus Lokal yang menyembunyikan dirinya dengan menggunakan dual extensi, jadi setingan tadi dimaksudkan agar dapat melihat extensi dari sebuah file, jika sebuah file mempunyai dua extensi kemungkinan itu adalah virus, misalnya saja komputer.doc.vbs.
3. Jangan sembarang membuka file
Jangan membuka sembarang file yang belum kita kenal sebelumnya, jangan langsung tertarik dengan file-file berbau porno, atau hal menarik lainnya. INGAT Virus akan hanya dapat menyebar jika tubuhnya/filenya di eksekusi, jadi janganlah sembarangan membuka-membuka file, misalnya saja seperti di atas jelas terlihat suatu file mempunyai 2 ekstensi, maka jangan dibuka.
4. Gunakan Limited Account / Guest Saja
Menggunakan Limited Account User atau bahkan Guest saja, bisa memperkecil kemungkinan masuknya virus ke dalam komputer kita. Karena virus butuh account administrator untuk mengubah-ubah file dalam komputer ataupun registry, jadi kalaupun virus dapat masuk dan menginfeksi, dia hanya mengutak-atik file dan registri dari limited user sampai menunggu Administrator diaktifkan. Kita bisa menghilangkannya dengan mendelete file dan akun dari Limited Account tadi.
5. Lakukan Update Windows
Windows mempunyai security update yang setiap berkala akan dilakukan update, bertujuan untuk menambah celah-celah keamanan.
Nah itulah tadi beberapa tips mencegah komputer dari virus, semoga dapat membantu dan membuat pengalaman berkomputer kita lebih aman.
sumber : http://ary-putra.blogspot.com/2010/03/tips-tips-hindari-virus.html
Kata kunci terkait dengan postingan :
Cara agar virus tidak menyebar, cara menutup celah celah agar virus tidak mudah menyerang di pc/laptop, bagaimana cara melindungi software agar tidak mudah kena virus, mengamankan registry windows xp dari virus, cara agar virus tidak masuk ke komputer, melindungi komputer secara manual dari serangan virus, cara buat folder yang tidak bisa dimasuki virus, mengunci flashdisk dengan gpedit msc, perawatan komputr agar tidak dmasuki firus, cara virus menyebar, software untuk mencegah virus autorun dan shortcut masuk ke pc, cara melindungi flashdisk dari serangan virus recycler, cari cara agar run pada kumputer bisa cepat, bagaimana cara menghapus virus pada usb agar tidak menyebar ke pc, cloramprnico, menjaga virus computer menyebar, cara menjaga pc dari virus lewat flashdisk, cara agar virus di flashdisk tidak menyebar, pengaman flashdisk agar virus tidak bisa masuk, run untuk menjaga koputer dari pirus, cara membuka flashdisk di komputer agar tidak dimasuki oleh virus dari komputer, cara membuat folder yang tidak bisa dimasuki virus, cara menutup system windows supaya tidak dimasuki virus, agar virus tidak masuk komputer, tips mencegah agar virus tidak bisa masuk, cara supaya virus recycler tidak masuk ke flashdisk, cara melindungi virus dari flashdisk window xp lewat gpedit msc, agar virus tidak langsung menyebar, cara menutup virus yang masuk di pc, cara scan agar virus dari flashdisk tidak masuk pc, mencegah shortcut masuk di fd, mencegah virus ramnit masuk ke komputer lewat flasdisk, membuat autorun tanpa kena antivirus, cara mengunci virus agar tidak masuk, antivirus untuk komputer supaya tidak bisa dimasukkan USB, cara membuat agar komputer tidak terserang virus lewat run, MELINDUNGI KOMPUTER AGAR TIDAK DIMASUKI VIRUS, kenapa win xp gampang terkena virus dan linux susah dimasuki virus, kpomputer tidak bisa di masuki vbs, limited account untuk mencegah virus, melindungi usb dari virus recycle, melindungi pc dari serangan virus ramnit, macam-macam virus flashdisk, list macam-macam antivirus yang melindungi flashdisk, Macam macam anti virus pelsdis, Cara supaya virus gak gampang masuk pc, kenapa virus komputer dapat masuk dengan mudah?, cara virus tidak masuk ke sistem window xp, jenis virus yang sering masuk melalui flashdisk, cara virus agar tidak meyebar

0 komentar: