Tuesday, January 15, 2013

Posted by Dead Skull On 1/15/2013 10:30:00 AM

Fitur Autorun.inf yang diusung oleh Windows bisa menjadi pedang bermata dua bagi sistem komputer. Di satu sisi fitur tersebut berguna sebagai otomatisasi menjalankan suatu program, tapi di sisi lain fitur ini dapat membahayakan sistem komputer karena dapat dijadikan sarana untuk menjalankan program virus, malware atau worm bahkan trojan secara otomatis. Tapi untungnya, perusahaan keamanan pengembang perangkat lunak telah merespon hal tersebut dan membuat program-program untuk mencegah penyebaran virus, malware ataupun worm di komputer kita.

Dan salah satu tools yang paling berguna untuk mencegah hal tersebut adalah PANDA USB VACCINE, sebuah program yang bertindak untuk melindungi komputer dan Flashdisk agar tidak menjalankan fitur autorun virus dan malware, tapi tidak menghapus program berbahaya tersebut, hanya mematikan autorunnya saja sehingga virus atau malware (atau program berbahaya lainnya) tidak dapat menginfeksi komputer. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan program antivirus di komputer k
amu.
Dikembangkan oleh Panda Security, sebuah perusahaan terkenal di pasar software keamanan, PANDA USB VACCINE seharusnya menjadi program vaksinasi kedua di komputer kamu setelah program antivirus yang ada di komputer.

Instalasi PANDA USB VACCINE ini tidak telalu sulit, setelah terinstall, kamu bisa langsung mem-vaksin semua drive yang ada di komputer kamu. Maka PANDA USB VACCINE akan membuat folder autorun.inf di masing-masing drive atau partisi yang tidak bisa dihapus ataupun di rename sehingga virus atau malware tidak bisa membuat autorun sendiri.Selain untuk drive di komputer, kamu juga bisa mem-vaksin usb flashdisk.

Dengan interface yang cukup sederhana yang hanya dilengkapi dengan 2 tombol, saya yakin kamu akan mudah mengguanakan tools gratis ini. Dan yang paling penting, PANDA USB VACCINE memang tool yang sangat berguna, dan jika kamu ingin menjaga komputer agar terlindungi dari program berbahaya, kamu harus mencoba tool ini.

Silakan kamu download di sini secara gratis

NB :
Tool ini hanya mencegah penyebaran virus dan malware melalui media flashdisk, memory card, dll, dan tetapi kurang efektif (sesuai pengalaman saya)untuk mencegah penyebaran melalui Internet. Untuk mencegah penyebaran virus dari internet, kamu bisa mengguanakan firewall dari windows atau juga bisa firewall pihak ketiga gratis seperti zone alarm, dll.

0 komentar: