[Internet Sehat] Sedang memulai bisnis skala kecil, dan ingin mulai memasaran melalui social media? Sebuah keputusan yang bagus, sebab social media memang salah satu wadah paling praktis untuk mempromosikan bisnis, sekaligus meraih pelanggan. Facebook dan Twitter bisa menjadi social media paling seksi saat ini untuk dipakai mempromosikan bisnis kita.
Berikut adalah 5 tips memanfaatkan social media untuk usaha kecil:
1. Eksislah di dunia maya
Langkah pertama dalam mempromosikan bisnis Anda pada situs-situs social media sosial adalah membuat profil di Twitter, Facebook, LinkedIn, dan YouTube. Hubungkan semua situs social media tersebut ke blog atau web yang dengan lebih detil menjelaskan bidang usaha Anda. Agar tidak sekadar ada, maka eksislah di sana dengan rajin melakukan update.
2. Berinteraksi dengan user lain
Berinteraksilah dengan user lain, selayaknya orang yang sedang bersosialisasi di dunia maya. Buat postingan atau twit yang menarik, perlakukan mereka seperti teman, dan perbanyak interaksi. Tapi jangan terlalu terkesan terlalu memaksa “berjualan”, sebab hanya akan membuat Anda dijauhi. Pasang avatar atau profil diri yang jelas, dan menarik.
3. Jadilah proaktif
Jika mendapat respon, entah itu negatif atau positif, cobalah untuk proaktif. Bahkan saat tidak mendapat respon sekalipun, Anda harus bersikap proaktif dengan menyapa mereka lebih dulu, melakukan tindak lanjut. Bahkan kalau perlu buatlah survei atau membuat pertanyaan sederhana.
4. Promosikan bisnis di wilayah sekitar
Agak sulit menjangkau tempat yang jauh? Coba buat akun di Google Local, sehingga Anda akan mendapatkan daftar peta nama perusahaan Anda. Ini akan membantu orang di sekitar kita tahu di mana kita berada, sehingga lebih mudah menjangkau mereka. Daftarkan juga bisnis Anda di beberapa situs komunitas.
5. Kerjasama dengan klien
Tambahkan blog klien atau pelanggan Anda ke daftar link atau RSS di blog Anda, follow mereka di Twitter, dan bergabung dengan akun Facebook mereka. Sering memantau dan berinteraksi dengan mereka membuat Anda tahu apa yang mereka butuhkan. Mereka juga merasa dihargai dan didengar, sehingga akan memberi respon positif untuk selalu memantau produk-produk terbaru Anda. [Internet Sehat]
0 komentar:
Post a Comment