Saturday, March 16, 2013

Posted by Dead Skull On 3/16/2013 03:02:00 AM
 
 Marketing  merupakan salah satu ujung tombak dalam suatu usaha. Sebagus apapun produk ataupun jasa yang dihasilkan tidak akan berhasil dipasarkan dengan maksimal tanpa didukung sistem/cara penjualan (marketing) yang baik. Oleh karena itu sistem penjualan/pemasaran memegang peranan penting dalam dunia usaha. Dunia maketing adalah dunia yang  dinamis. Berikut ini beberapa ulasan singkat namun padat mengenai strategi penjualan (Selling skills) yang banyak digunakan dalam perusahaan-perusahaan berkaliber nasional ataupun internasional untuk menambah wawasan Anda mengenai dunia marketing. Semoga bermanfaat !
Bagaimana strategi untuk menghadapi klien/nasabah ketika kita hendak menawarkan suatu produk ataupun jeruk. Langkah-langkah yang dapat Anda terapkan yakni :
MENGATUR TAHAP MEMBUKA KUNJUNGAN
  • Menyapa calon klien/nasabah dan membangun sebuah hubungan yang  simpatik
  • Menjelaskan agenda dan memaparkan manfaatnya bagi Calon Klien/Nasabah
  • Mengajukan pertanyaan kualifikasi kepada klien /nasabah
  • Mengatur perencanaan sebagai langkah selanjutnya
  • Mengatur pertemuan
  • Setelah melakukan langkah awal seperti dijelaskan di atas, kita lakukan proses lanjutan yakni menganalisa kebutuhan klien.
MELAKUKAN ANALISA TERHADAP KEBUTUHAN CALON KLIEN/NASABAH
  • Menggali kebutuhan klien /nasabah dengan pertanyaan terbuka, melalui : Mengajukan Pertanyaan Informasi, Mengajukan Pertanyaan Problem dan Mengajukan Pertanya
    an Solusi
  • Mendengarkan penjelasan Calon Klien/Nasabah
  • Memperjelas kebutuhan Calon Klien/Nasabah
  • Memastikan kebutuhan Calon Klien/Nasabah yang menjadi prioritas utama
Analisa telah dilakukan salah satu tahapan penting berikutnya adalah merumuskan solusi yang Anda miliki atas permasalahan yang dimiliki oleh klien/nasabah.
MENGHUBUNGKAN DENGAN SOLUSI ANDA
  • Menguraikan  apa yang menjadi kebutuhan klien/nasabah
  • Memberikan  solusi terhadap permasalahan yang  dihadapi Klien/nasabah
  • Paparkan/Nyatakan manfaat produk/jasa Anda
Langkah akhir yang tak kalah penting dalam rangkaian proses marketing Anda adalah sebagai berikut :
MENENTUKAN KOMITMEN PELANGGAN
  • Apa saya telah menjawab semua pertanyaan yang dimiliki Klien/nasabah
  • Berikan Ringkasan manfaat
  • Usulkan tindakan selanjutnya yang memajukan proses penjualan
  • Apa ada kebutuhan lainnya yang  bisa dibantu
  • Minta Referensi
  • Terima kasih dengan Antusias (hal ini terlihat sepele namun merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan)
    • Untuk Part 2 Klik Link Ini

0 komentar: